Fungsi dan Manfaat CSR Bagi Perusahaan

Dibaca 243 kali Reporter : *** verified

CSR, Faktahukumntt.com – 21 Maret 2022

Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan itu berdiri. Dimana tanggung jawab tersebut dikenal dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility. Adapun manfaat CSR sendiri tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan, melainkan pemerintah dan perusahaan itu sendiri.

Namun, apa sebenarnya pengertian dari CSR? Apakah hal ini wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan? Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan seputar pengertian, jenis-jenis program, fungsi penerapan, hingga manfaat CSR bagi perusahaan dan pihak-pihak lain.

Apa Itu CSR?

Baca Juga :  Kakanwil Catur Aryanto Sebut Sektor Fiskal dan Finansial Memicu Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi NTT

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan bentuk pertanggungjawaban sosial yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk semua stakeholder dan pihak yang mempunyai kepentingan. Dimana berbagai pihak di sini meliputi karyawan, pemegang saham, konsumen, pemerintah, dan masyarakat sekitar.

CSR sendiri sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia bisnis. Perusahaan-perusahaan besar dunia telah menjalankan program CSR sejak lama dan mulai banyak dilakukan pada tahun 90-an. Sementara di Indonesia, CSR mulai banyak diimplementasikan perusahaan besar dalam negeri sejak tahun 2001.

Baca Juga :  SUZUKI Luncurkan Tampilan Baru NEW CARRY PICK UP
Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment